Logo PersibanggaFC.com
Logo persibangga

Persibangga Purbalingga

Laskar Soedirman

PURBALINGGA – Tim tuan rumah Persibangga Purbalingga menang 2-1 (2-0) atas Timnas U-19 dalam laga persahabatan di Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga, Minggu petang.

Dua gol kemenangan bagi Persibangga Purbalingga diciptakan oleh Hari Nur pada menit ke-24 dan Gunaryo pada menit ke-38, sedangkan gol bagi Timnas U-19 diciptakan Sabeq Fahmi pada menit ke-67.

Pertandingan persahabatan yang disaksikan sekitar 12 ribu pasang mata ini berlangsung seru sejak peluit tanda dimulainya babak pertama ditiup wasit Sabar.

Sesekali para pemain kedua tim tampak terpeleset lantaran rumput basah setelah sempat diguyur hujan lebat beberapa saat sebelum pertandingan dimulai. Kendati demikian, kondisi tersebut tidak mematahkan kedua tim untuk saling menyerang.

Berbagai upaya pun dilakukan Fauzan F dan kawan-kawan untuk membobol gawang Timnas U-19 yang dijaga kiper Ravi Murdianto.

Akan tetapi, sebuah peluang gol yang dimiliki tim tuan rumah gagal bersarang di gawang Timnas U-19 karena bola yang ditendang Fauzan dari titik penalti.

Meskipun gagal mencetak gol, anak-anak asuhan pelatih Ahmad Muhariah ini untuk menundukkan Timnas U-19.

Setelah melakukan berbagai upaya, Fauzan dan kawan-kawan akhirnya dapat membobol gawang Timnas U-19 pada menit ke-24 berkat tendangan Hari Nur sehingga kedudukan berubah menjadi 0-1 untuk Persibangga.

Gol pertama bagi Persibangga tampaknya menjadi penyemangat untuk menundukkan Timnas U-19.

Tim tuan rumah pun terus berpacu hingga akhirnya bola menyerong yang ditendang Gunaryo dari sisi kiri tidak bisa dihalau oleh kiper Ravi Murdianto dan bersarang di gawang Timnas U-19 sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-2 untuk Persibangga pada menit ke-38.

Dua gol yang diraih Persibangga ini mengakibatkan anak-anak asuhan Indra Safri tidak tinggal diam sehingga berusaha membalas kekalahan sementara yang mereka alami.

Akan tetapi hingga waktu turun minum, Timnas U-19 belum dapat mencetak gol sehingga kedudukan tetap 0-2 untuk Persibangga.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 mulai menunjukkan taringnya dengan melancarkan serangan ke pertahanan Persibangga sehingga mengakibatkan tim yang tengah berjuang di Divisi I PSSI ini kelabakan.

Hingga akhirnya bola yang ditendang kaki kiri oleh Sabeq Fahmi setelah mendapat “crossing” dari Samsul dapat bersarang di gawang Persibangga yang dijaga kiper Suchaimin sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Timnas U-19 pada menit ke-67.

Setelah berhasil membobol gawang Persibangga, serangan Timnas U-19 pun semakin gencar guna menambah gol.

Akan tetapi di saat menghadapi serangan Timnas U-19 di depan gawang Persibangga, kiper Suchaimin mengalami cedera kaki sehingga harus digantikan kiper cadangan Muaziz Syafi’i pada menit ke-80.

Berbagai upaya pun dilakukan Persibangga untuk menambah kemenangan, namun tendangan penati yang dilakukan Gunaryo terlalu tinggi sehingga gagal bersarang di gawang Timnas U-19.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi, kedudukan tetap 1-2 untuk Persibangga Purbalingga.

Saat ditemui usai pertandingan, pelatih Timnas U-19 Indra Syafri mengaku kecewa terhadap kepemimpinan wasit karena gol kedua bagi Persibangga seharusnya “offside”.

“Wasit seharusnya bisa menunjukkan yang terbaik sehingga bisa dicontoh bagi para yunior,” katanya. Kendati demikian, dia mengatakan, permainan Persibangga Purbalingga cukup bagus.

Bahkan, dia merekomendasikan pemain Persibangga bernomor punggung 10, Gunaryo, untuk ikut memperkuat Timnas U-23 yang akan tampil pada SEA Games tahun 2013 di Myanmar.

Secara terpisah, Manajer Persibangga Purbalingga, Rohman Supriyadi mengaku puas terhadap permainan tim bianaannya ini.

Selain itu, dia juga mengaku bangga atas tawaran pelatih Timnas U-19 Indra Safri untuk mengikutsertakan Gunaryo dalam seleksi Timnas U-23.

Menurut dia, Gunaryo kelahiran 1990 sehingga masih bisa bergabung dalam Timnas U-23.

“Tampaknya Gunaryo memanfaatkan tawaran itu sebaik mungkin sehingga bisa tampil secara maksimal karena dia telah dihubungi sebelumnya. Setelah ini, Insya Allah kami akan mendatangkan Timnas U-23 untuk melawan Persibangga,” katanya.

Sementara itu, Gunaryo mengaku bangga dan senang mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi pemain Timnas U-23 di Yogyakarta. “Saya sebelumnya telah diberitahu sehingga dalam pertandingan ini berupaya tampil maksimal,” katanya.

Leave a Reply