Logo PersibanggaFC.com
Logo persibangga

Persibangga Purbalingga

Laskar Soedirman

Grup C Sepakbola PON XVIII Riau

RIAU – Tim PON Jawa Tengah (Jateng) sukses merajai Grup C cabang olahraga sepakbola PON XVIII Riau setelah pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup berhasil mengandaskan perlawanan Sumatera Barat (Sumbar) dengan skor meyakinkan 3-1.

Ambisi Tim PON Jateng untuk merebut tiket babak kedua terlihat sejak menit-menit awal babak pertama. Kerja keras tim asuhan Firmandoyo ini pun berbuah manis saat Budi Hasiolan berhasil merobek gawang Sumbar.

Tak berselah lama, pemain Persibangga Purbalingga, Saiful Amar menggandakan kemenangan Tim PON Jateng menjadi 2-0 melalui golnya pada menit ke-35. Hingga babak pertama usai, Jawa Tengah masih unggul atas Tim PON Sumbar.

Meski sudah unggul, para pemain Jateng tidak mengendurkan serangan, sejumlah peluang mampu mereka ciptakan. Peluang tersebut akhirnya bisa dimaksimalkan menjadi gol, saat memasuki menit ke-75 Heri Nur Yulianto yang juga pemain Persibangga Purbalingga berhasil melesakkan gol dan mengantar Tim PON Jateng unggul 3-0.

Keasyikan menyerang, lini pertahanan Jawa Tengah justru kecolongan di menit-menit akhir. Memasuki masa injury time lini pertahanan Jateng kecolongan, tim Sumbar berhasil memperkecil defisit gol menjadi 3-1 lewat gol Irsyad Maulana.

Kemenangan Jateng atas Sumbar tersebut membawa Jawa Tengah menduduki peringkat pertama di papan klasemen akhir Grup C dengan 7 poin dari 2 kali menang dan 1 kali imbang. Selain Jawa Tengah, Grup C juga meloloskan Kalimantan Timur (Kaltim) ke babak kedua. Meski di pertandingan terakhir Kaltim harus kalah 1-2 saat menghadapi Riau, namun Kaltim tetap melenggang. Kaltim dan Riau mengemas poin sama 4, namun keunggulan produktivitas gol membuat Kaltim yang lolos sebagai runner up Grup C.

Babak kedua akan mulai digelar pada 13 September nanti. Enam tim yang berhasil lolos akan diundi untuk menempati 2 grup. Dari masing-masing grup akan diambil 2 tim, untuk kemudian melaju ke babak 4 besar.

Leave a Reply