Logo PersibanggaFC.com
Logo persibangga

Persibangga Purbalingga

Laskar Soedirman

Training Center Tim Sepakbola PON Jateng

Memasuki bulan ramadhan, keputusan pertandingan babak empat besar Divisi I PSSI belum juga ada kepastian. General Manager Persibangga H Rohman Supriyadi, beberapa waktu lalu sempat memberitahukan bahwa pertandingan dipastikan digelar di Senayan setelah lebaran, tapi tanggal pastinya belum ditentukan. Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) beralasan waktu persiapan penyelenggaraan terlalu mendesak dengan waktu pelaksanaan puasa Ramadan.

Bagi beberapa pemain Persibangga, memasuki bulan puasa bukan berarti libur main sepakbola. Fauzan Fajri, Gunaryo, Rengga Setiawan, Fendy Maryono, Syaiful Amar, Hery Nur Yulianto dan Rizki Yulian justru makin digenjot latihan sejak puasa hari pertama. Dikarenakan Fauzan Fajri dkk menjadi pemain inti di tim sepakbola Jawa Tengah yang disiapkan untuk berlaga di PON XVIII/2012 di Pekanbaru Riau nanti.

Tim sepakbola PON Jawa Tengah ini memusatkan latihan (Training Center) di Stadion Jatidiri Semarang. Mereka hanya dapat libur dua hari sebelum sampai dua hari sesudah lebaran saja. Harus tetap menjalani latihan penuh meski sedang berpuasa, menurut Fauzan memang membutuhkan semangat yang ekstra. Terlebih menu latihan yang diberikan tidak ada bedanya dengan latihan pada hari-hari biasanya.

Banyak suka duka yang dialami pemain sepakbola tim PON Jateng ini. Bisa berkumpul sahur bersama pemain di mess menjadi cerita tersendiri bagi Rizky. “Tidak bisa berkumpul bersama keluarga adalah hal terberat yang harus kami tanggung selama pemusatan latihan. Terutama suasana berbuka puasa yang selalu kami lakukan di lapangan karena sedang latihan, kadang-kadang membuat suasana senang bercampur haru,” katanya.

Sehabis berbuka para pemain punya jeda waktu sampai selesai tarawih bersama di mushola dekat mess. Kadang-kadang latihan dilanjutkan setelah tarawih hingga pukul 10 malam.

Dari 20 orang pemain yang tergabung di tim sepakbola PON Jateng, hanya ada satu orang yang non muslim. Meski begitu, karena berada diantara rekan-rekan yang semuanya berpuasa sifat toleransi dan saling menghormati tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply