Logo PersibanggaFC.com
Logo persibangga

Persibangga Purbalingga

Laskar Jenderal Soedirman

Purbalingga – Siapa lawan Persibangga di babak 128 besar Piala Indonesia 2018 akhirnya terjawab, Kamis (3/5). Skuad besutan Kahudi Wahyu Widodo ini akan menghadapi sesama tim Liga 3 dari wilayah eks Karesidenan Banyumas, PSCS Cilacap.

Kepastian lawan Kosim dkk, diketahui setelah PSSI menggelar drawing Piala Indonesia 2018 di sela-sela penyelenggaraan Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (3/5) petang. Dalam drawing tersebut, Persibangga masuk zona 6.

PSCS Cilacap vs Persibangga 2017

Pertemuan PSCS Cilacap dan Persibangga pada Liga 2 2017 di Stadion Wijayakusuma (Sumber: TopSkor)

“Di zona 6 ada delapan tim. PSKC Cimahi, Persib Bandung, Maung Anom, Persibat Batang, PSCS Cilacap, Persibangga Purbalingga, Persibas Banyumas, dan PSGC Ciamis,” jelas asisten pelatih Persibangga Sigit Pratama.

Sigit menambahkan, awalnya Persibangga berharap bisa bertemu tim Liga 1 Persib Bandung. Namun, hasil drawing mempertemukan Persibangga dengan PSCS untuk menghadirkan derby Banyumas di Piala Indonesia.

“Jika bertemu dengan Persib bisa menjadi ajang promosi tim, karena akan digelar di Purbalingga dan disiarkan langsung televisi nasional,” katanya.

Namun, bertemu dengan PSCS juga membuka peluang Persibangga untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Sebab, PSCS dan Persibangga sama-sama berstatus sebagai tim Liga 3. Meski laga tersebut akan digelar di kandang PSCS Stadion Wijayakusuma Cilacap.

“Sangat baik buat menilai kemampuan tim di laga tandang, sebagai persiapan mengikuti Liga 3 yang akan bergulir usai lebaran,” imbuhnya.

Di pertemuan terakhir di Liga 2 musim lalu yang digelar di Cilacap, Persibangga kalah secara kontroversial dari PSCS. Sempat unggul dua kali, Persibangga akhirnya kalah oleh tuan rumah oleh gol kontroversial.

“Itu membuktikan Persibangga sebenarnya mampu menyulitkan PSCS. Apalagi kali ini kedua tim sama-sama bermain dengan skuad yang berbeda. Jadi kami optimis bisa berbuat banyak di Cilacap,” lanjutnya.

Ada 128 klub yang bakal berpartisipasi pada ajang ini. Rencananya, kick-off turnamen sepakbola terbesar di Indonesia akan mulai diselenggarakan pada 8 Mei nanti. Dari undian yang digelar, 128 klub dibagi dalam 16 zona.

Nantinya menggunakan sistem gugur dengan satu pertandingan. Dalam babak ini, PSSI akan memberikan match fee untuk setiap pertandingan, dengan persentase 40 persen untuk tuan rumah dan 60 untuk tim tamu. Persibangga di babak 128 besar akan tampil sebagai tim tamu.

Jika lolos ke babak selanjutnya, Persibangga kemungkinan akan bertemu dengan tim Liga 1 Persib Bandung. Sebab, di babak 128 besar Persib hanya akan bertemu tim Liga 3 asal Jawa Barat PSKC Cimahi. Radar Banyumas (tya/sus)

Leave a Reply